Minggu, 25 Agustus 2013

Jeruk Purut Dan Manfaatnya


Jeruk Purut
Tentu kita semua sudah mengenal jeruk jenis satu ini. Jeruk purut bukanlah buah meja. Buahnya berbentuk bulat telur, kulitnya hijau berkerut dan berbenjol-benjol. Rasa buah ini asam dan agak pahit. Selain berkhasiat sebagai obat, jeruk purut sering digunakan dalam masakan, pembuatan kue, atau dibuat manisan.

Jeruk purut banyak di tanam di perkarangan rumah atau di kebun-kebun. Bunganya berbentuk bintang, berwarna putih dan kemerah-merahan atau putih kekuning-kuningan.

Tahukah kalian penyakit apa yang dapat diobati oleh jeruk purut? Di antaranya adalah influenza, kulit bersisik dan mengelupas. Jeruk purut juga dapat digunakan untuk mewangikan rambut dan mengatasi rasa lelah pada tubuh.

Untuk mengatasi influenza, potong sebuah jeruk purut masak yang banyak airnya, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 mililiter air panas. Minum sekaligus selagi hangat. Untuk mengatasi tubuh yang lelah setelah bekerja atau letih sehabis sakit berat, ambillah 2 genggam daun jeruk purut segar. Rebuslah dalam 3 liter air sampai mendidih (selama 10 menit). Tuangkan ramuan tersebut ke dalam 1 ember air hangat dan gunakan untuk mandi.
Jeruk Purut

Untuk mengatasi kulit bersisik dan mengelupas, belah jeruk purut tua menjadi dua bagian. Gosokkan pada kulit yang bersisik, kering dan mudah mengelupas di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan satu kali sehari pada malam hari sebelum tidur.

Untuk mewangikan rambut, cuci 1 buah jeruk purut masak sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 1 sendok makan air bersih, lalu peras dan saring. Gunakan air saringannya untuk digosokan pada rambut setelah keramas.

Nah sahabat cowok feminim, cukup sekian postingan saya kali ini yang membahas tentang Jeruk Purut Dan Manfaatnya. Jangan lupa baca juga rtikel lainnya tentang Asam Jawa Beserta Manfaatnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah bersedia membaca.

Related Post

Bagikan

Facebook Twitter Google+ Digg

6 komentar:

  1. Yang untuk mewangikan rambut kayaknya boleh tuh gan dicoba (^_^) Nice info

    BalasHapus
  2. makasih informasinya sob, enak lagi dibuat wedang jeruk (es jeruk) atau jeruk hangat :)

    BalasHapus
  3. menarik info ini..terima kasih berkongsi.
    akan dicuba tips untuk wangikan rambut tu..:)

    BalasHapus
  4. selain bisa dibuat minuman , bermnfaat juga untuk yg lain

    BalasHapus
  5. jeruk perut selain segar banyak juga manfaatnya

    BalasHapus
  6. sayang..tanaman jeruk purutku baru saja mati

    BalasHapus

 
Support : Twitter | Facebook | My Blog
Copyright © 2013. Cowok Feminim - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modif Cowok Feminim
Proudly powered by Blogger