Sabtu, 21 September 2013

Tips Mengerjakan Soal Tes CPNS



Tips Mengerjakan soal tes cpns
Selamat datang kembali di blog Cowok Feminim. Berhubung tes CPNS sudah di depan mata, oleh karena itu Cowok Feminim ingin berbagi sedikit tentang Tips Mengerjakan Soal Tes CPNS. Sebenarnya sudah banyak bertebaran tips-tips semacam ini di internet, namun apa salahnya jika Cowok Feminim menuliskannya kembali di sini.

Naah beberapa Tips Mengerjakan Soal Tes CPNS ini Cowok Feminim dapatkan setelah membaca buku-buku tentang Soal CPNS.  Soal Tes CPNS biasanya berjumlah 200 soal. Oleh karena itu, untuk dapat menyelesaikan soal yang begitu banyak ini diperlukan strategi yang tepat, Berikut ini beberapa tips pengerjaan soal CPNS.

1. Sebelum mengerjakan tes, sebaiknya berdoa terlebïh dahulu agar diberikan petunjuk oleh Tuhan YME dalam mengerjakan soal serta dimudahkan dalam memilih jawaban yang benar.

2. Membubuhkan identitas Anda dan nomor peserta beserta identitas lain yang diperlukan dengan menggunakan pensil 2B. Caranya yaitu dengan menuliskan data tersebut dengan huruf kapital namun ada pula bagian lingkaran yang harus dihitamkan. Pastikan juga bahwa pensil 2B yang Anda gunakan merupakan pensil 2B asli. Periksa kembali identitas yang kita masukkan dan pastikan juga bahwa semua data itu benar.

3. Memeriksa kelengkapan soal terlebih dahulu, mulai dan halaman sampai jumlah soal yang akan diujikan. Jangan sampai ketika Anda sedang mengerjakan soal tiba-tiba ada nomor soal yang tidak tercetak atau jumlah halaman yang kurang. Hal ini sedikit banyak dapat mengganggu konsentrasi peserta tes.

4. Biasanya soal CPNS dibuat per segmen tes. Misalnya nomor 1-35 adalah soal pengetahuan umum, nomor 36-40 adalah soal bahasa Indonesia, dan sebagainya. Pilihlah pertanyaan yang kita anggap paling mudah untuk diselesaikan dan dijawàb dengan baik.

5. Apabila masih ada waktu, Anda dapat menyelesaikan kembali soal yang belum dikerjakan. Apabila jawabannya masih tidak didapatkan, sebaiknya dijawab saja berdasarkan beberapa pilihan jawaban yang menurut kita paling rasional. Hal ini disebabkan karena tes CPNS biasanya tidak mengenal system minus. Namun apabila terdapat beberapa instansi yang menerapkan sistem minus, sebaiknya bila tidak yakin jangan dijawab.

6. Setelah semua soal telah diselesaikan, periksa kembali lembar jawaban yang telah kita jawab. Jangan sampai ketika Anda telah menyelesaikan soal dan menyerahkan kepada panitia, Anda baru ingat bahwa ada soal yang terlewat.

7. Tetap optimis dan rajin berdoa kepada Tuhan YME agar diberikan hasil yang terbaik sesuai dengan keinginan Anda dan terbaik dalam pandangan-Nya.

Nahh sahabat, itulah sedikit ulasan tentang Tips Mengerjakan Soal Tes CPNS. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin. Terimakasih sudah berkunjung kemari.

Related Post

Bagikan

Facebook Twitter Google+ Digg

12 komentar:

 
Support : Twitter | Facebook | My Blog
Copyright © 2013. Cowok Feminim - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modif Cowok Feminim
Proudly powered by Blogger