Minggu, 25 Agustus 2013

Asam Jawa Beserta Manfaatnya


Asam Jawa
Pernahkah kalian makan asam jawa yang segar? Pasti rasanya sangat asam. Buah asam jawa termasuk buah polong. Buah polongnya berwarna cokelat. Didalam buah polong, selain terdapat kulit yang membungkus daging buah, juga terdapat biji berjumlah 2-5.

Biji asam berbentuk pipih dengan warna cokelat agak kehitaman.Tanaman asam mempunyai batang yang kuat dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang. Daun asam jawa bertangkai panjang, sedangkan bunganya berwarna kuning kemerah-merahan.

Asam jawa mengandung berbagai jenis asam, seperti asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat yang menyebabkan rasanya menjadi asam. Di dalam buah asam juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B dan vitamin C.

Buah asam jawa selain digunakan untuk bumbu masak, dapat juga dibuat permen dan sari buah. Tahukah anda ternyata buah asam jawa juga dapat berkhasiat obat? Buah asam dapat dimanfaatkan diantaranya untuk mengobati asma, demam, sariawan, sakit perut, luka borok dan rambut rontok.

Untuk mengobati sakit perut, diperlukan 3 polong asam jawa yang sudah masak, kapur sirih, dan kayu putih. Semua bahan dicampur menjadi satu dan digunakan sebagai obat gosok pada bagian perut yang sakit.

Selain buahnya, daun sama juga dapat dijadikan sebagai obat. Yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Caranya tumbuk 150-200 daun asam jawa, lalu campur dengan 1 gelas air matang panas (200 ml). Setelah itu diperas, disaring, dan diminum untuk satu kali minum. Minumlah 3 kali sehari.

Untuk mengobati sakit panas, sediakan 2 polong buah asam jawa yang telah masak dan garam secukupnya. Kedua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring lalu air hasil saringan tersebut diminum. Resep ini tidak boleh diminum oleh ibu yang sedang mengandung.
Asam Jawa

Untuk mengatasi rematik, petiklah satu genggam daun asam jawa dan 2-3 biji asam jawa. Tumbuklah kedua bahan tersebut sampai halus. Setelah itu, bahan yang sudah ditumbuk dikompreskan pada bagian yang sakit.

Untuk mengatasi luka baru, cukup dengan menempelkan daun asam jawayang telah dikunyah terlebih dahulu di atas luka. Untuk mengatasi luka borok, gunakan biji asam jawa yang ditumbuk, kemudian ditempelkan di atas luka dan tutup dengan perban.

Untuk mengatasi sariawan, sediakan 2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari, dan 1 potong gula kelapa. Setelah itu, setelah itu, semua bahan direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Air hasil saringan diminum seperti biasa.

Nahh sobat, cukup sekian postingan saya tentang Asam Jawa Beserta Manfaatnya. Jangan lupa baca juga artikel lainnya tentang Jeruk Purut Dan Manfaatnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah mampir kemari.

Related Post

Bagikan

Facebook Twitter Google+ Digg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Twitter | Facebook | My Blog
Copyright © 2013. Cowok Feminim - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modif Cowok Feminim
Proudly powered by Blogger